About Me

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Professor of Ocean Economics Policy, Graduate Program on Tropical Marine Resource Economics, Bogor Agricultural University, Bogor, West Java, Indonesia e-mail: tridoyo@indo.net.id

Tuesday, September 4, 2007

The End of History: Industri Perikanan Nasional?

Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang rata-rata melebihi 100 % sejak tanggal 1 Oktober 2005 telah memberikan dampak luas terhadap industri (usaha kecil, menengah dan besar) perikanan nasional. Kita belum bisa membayangkan apakah hari-hari ke depan industri perikanan nasional kita masih berjalan kalau tidak segera diambil langkah-langkah penyelamatan. Dalam beberapa hari-hari terakhir semua media nasional koran dan televisi serta media lokal memberitakan berhentinya aktivitas melaut bagi nelayan. Suatu kondisi yang sangat mengkhawatirkan bagi perikanan nasional dan mungkinkah kenaikan harga BBM ini merupakan the end of history bagi industri perikanan nasional (perikanan tangkap, budidaya dan pengolahan)? Perlu segera dicari solusi nyata agar industri yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat banyak dan penghasil devisa negara tidak tenggelam dihempas badai krisis kenaikan BBM.

Dampak kenaikan BBM bagi nelayaan saat ini sudah dirasakan hampir merata di seluruh tanah air dalam berbagai kesulitan yakni, pertama, terhentinya aktivitas melaut dari usaha perikanan skala kecil maupun skala besar akibat ketidakmampuan membeli BBM dengan harga yang terjangkau. Daerah-daerah seperti Lamongan, Sendangbiru, Gresik, Tegal, Pekalongan, Benoa, Bitung, Belawan, dan seluruh sentra-sentra perikanan tangkap menghentikan aktivitas usahanya. Perikanan budidaya khussunya pertambakan udang intensif mengalami hal serupa karena tidak mampu menghidupkan mesin genset yang menggerakkan kincir air sehingga, mengganggu penyediaan oksigen yang berdampak pada menurunnya produktivitas bagi komoditas ekspor penting Indonesia tersebut.



... tulisan selengkapnya dapat Anda download melalui link dibawah ini.

THE END OF HISTORY INDUSTRI PERIKANAN NASIONAL.zip

No comments: