About Me

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Professor of Ocean Economics Policy, Graduate Program on Tropical Marine Resource Economics, Bogor Agricultural University, Bogor, West Java, Indonesia e-mail: tridoyo@indo.net.id

Tuesday, September 4, 2007

Pendekatan Integrated River Basin, Coastal, and Ocean Management (IRCOM): Menuju Pembangunan Berkelanjutan

Kawasan Pesisir dan Laut Teluk Jakarta serta Gugusan Kepulauan Seribu, merupakan wilayah pesisir yang strategis sekaligus paling rentan terhadap perubahan, gangguan dan pencemaran oleh manusia. Dikatakan daerah yang strategis karena Teluk Jakarta merupakan pintu gerbang utama aktivitas ekonomi kelautan di Indonesia, khususnya untuk wilayah bagian barat sementara dikatakan paling rentan karena daerah ini merupakan penyangga bagi ekosistem daratan Jakarta yang demikian tinggi aktifitas manusianya. Kerentanan Teluk Jakarta juga disebabkan oleh terus meningkatnya kebutuhan pemanfaatan ruang di wilayah pesisir untuk kegiatan pariwisata, industri dan pemukiman.

Kematian masal ikan dan biota air di perairan sekitar Ancol dan Dadap di tahun 2004 yang lalu juga telah memberi signal kepada kita semua bahwa tingkat pencemaran perairan di Teluk Jakarta telah demikian tinggi. Terlepas dari apapun penyebabnya, kematian masal biota air beberapa waktu yang lalu tersebut adalah hasil dari masih belum tepatnya pengelolaan lingkungan yang dilakukan selama ini di kawasan tersebut. Berbagai dugaan telah dilontarkan dari berbagai pihak tentang penyebab kematian masal ikan dan biota air ini, mulai dari disebabkan blooming fitoplankton, fitoplankton beracun, minyak hingga pencemaran logam berat. Dari sisi ilmiah, kawasan serumit Teluk Jakarta menyulitkan dalam pencarian jawaban atas apa yang paling bertanggungjawab terhadap kematian masal ikan dan biota air tersebut. Segenap dugaan yang telah dilontarkan, bisa saja bekerja secara sinergis dan bersama, sehingga menyebabkan efek akut terhadap ikan dan biota air.

Sesungguhnya, kematian masal ikan dan biota air lainnya di kawasan Teluk Jakarta beberapa waktu yang lalu merupakan puncak dari sebuah gunung es permasalahan pencemaran perairan di kawasan ini. Gunung es pencemaran perairan inilah yang seharusnya dan perlu mendapat penelusuran menyeluruh, sehingga akar permasalahan dan deskripsi permasalahan pencemaran Teluk Jakarta dapat terjawab secara memuaskan. Untuk dapat memperoleh jawaban yang menyeluruh, studi komprehensif yang mampu memberi gambaran tentang permasalahan pencemaran perairan di Teluk Jakarta perlu dilakukan segera.


... tulisan selengkapnya dapat Anda download melalui link dibawah ini.

PENDEKATAN INTEGRATED RIVER BASIN, COASTAL AND OCEAN MANAGEMENT (IRCOM); MENUJU PEMBANGUNAN BERKELAN

No comments: