About Me

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Professor of Ocean Economics Policy, Graduate Program on Tropical Marine Resource Economics, Bogor Agricultural University, Bogor, West Java, Indonesia e-mail: tridoyo@indo.net.id

Tuesday, September 4, 2007

Perencanaan Pengembangan Industri Pertambakan Udang Yang Berkelanjutan

Berbagai masalah yang timbul dan gagalnya usaha pertambakkan udang di Pantai Utara Jawa membangkitkan pertanyaan, sejauh mana perencanaan pengembangan industri tambak udang mempertimbangkan aspek lingkungan sehingga usaha yang “menjanjikan” keuntungan besar tersebut tidak menyengsarakan para petani tambak dan menghancurkan ekosistem pantai yang khas. Fenomena yang terjadi pada industri pertambakan udang merupakan ilustrasi kelemahan perencanaan pembangunan yang kurang mempertimbangkan aspek lingkungan sebagai variabel penentu bagi kesinambungan aktivitas produksi barang dan jasa. Pengembangan pertambakan udang selama satu dasawarsa terakhir yang berorientasi pada pertumbuhan ekonomi ternyata tidak berkelanjutan (sustainable) karena mengabaikan daya dukung lingkungan pantai maupun perencanaan yang terintegrasi dalam manajemen wilayah pesisir.

Udang merupakan komoditas udang yang paling diminati sehingga memberikan peluang bisnis yang sangat menarik. Jepang negara pemakan udang terbesar dunia, menghabiskan US $ 6,5 (sekitar Rp 13 trilyun) untuk mengimpor udang, sedangkan Amerika mengimpor udang senilai US $ 5,4 miliyar (senilai Rp 11 trilyun).Nilai tersebut belum termasuk negara-negara lainnya. Sedangkan ditinjau dari ekspor produk perikanan maka udang memberikan kontribusi diatas lima puluh persen dari total nilai ekspor. Pentingnya posisi udang bagi perekonomian Indonesia baik secara mikro dan makro perlu ditingkatkan melalui perencanaan pengembangan industri pertambakan udang secara berkelanjutan.


... tulisan selengkapnya dapat Anda download melalui link dibawah ini.

PERENCANAAN PENGEMBANGAN INDUSTRI PERTAMBAKAN UDANG YANG BERKELANJUTAN.zip

No comments: