About Me

My photo
Bogor, Jawa Barat, Indonesia
Professor of Ocean Economics Policy, Graduate Program on Tropical Marine Resource Economics, Bogor Agricultural University, Bogor, West Java, Indonesia e-mail: tridoyo@indo.net.id

Tuesday, September 4, 2007

Inisiasi dan Implementasi Integrated Coastal Management di Indonesia: Dari Konsep Kebijakan Nyata

Wilayah pesisir beserta sumberdaya alamnya memiliki arti penting bagi pembangunan ekonomi bangsa Indonesia, lebih-lebih saat bangsa Indonesia dilanda krisis ekonomi yang berkepanjangan. Nilai dan arti penting pesisir dan laut bagi bangsa Indonesia paling tidak dapat dilihat dari dua aspek, yaitu secara sosial ekonomi wilayah pesisir dan laut memberikan kontribusi terahadap pembangunan ekonomi nasional dan secara biofisik/ekologi wilayah pesisir dan laut Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam mendukung keberlanjutan ekosistem pesisir dan lautan Indonesia.

Implementasi konsep pengelolaan pesisir secara terpadu di Indonesia, baru dimulai pada 10 tahun terakhir dimana ditandai dengan banyaknya proyek-proyek atau kegiatan yang berkaitan langsung dengan sumberdaya pesisir dan lautan. Proyek-proyek tersebut merupakan bukti nyata terhadap besarnya perhatian donor-donor internasional untuk mengelolaa dan melestaraikan sumberdaya pesisir dan lautan Indonesia yang terkenal memiliki keanekaragaman yang tinggi.

Namun sampai saat ini, pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya pesisir dan latan Indonesia belum memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pembangunan nasional dibandingkan dengan potensi pembangunan yang ada di wilayah pesisir dan lautan. Namun demikian karena keterbatasan kemampuan pengelolaan pesisir dan lauatan maka berbagai permasalahan lingkungan muncul akibat pola-pola pemanfaatan yang tidak berkelanjutan. Maka ini menyajikan konsep kebijakan pengelolaan sumberdaya pesisir dan program-program pengelolaan sumberdaya pesisir yang ada di Indonesia selama dasawarsa terakhir.


... tulisan selengkapnya dapat Anda download melalui link dibawah ini.

INISIASI DAN IMPLEMENTASI INTEGRATED COASTAL MANAGEMENT DI INDONESIA; DARI KONSEP KEBIJAKAN NYATA.zi

No comments: